6 Barang yang Diimpor Indonesia dari Luar Negeri

  • Whatsapp

6-barang-yang-diimpor-indonesia-dari-luar-negeri

Jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia belakangan ini semakin berkembang dan banyak dicari, sebab permintaan pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia semakin tinggi. Meskipun Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah, tapi kemampuan mengolahnya masih minim. Oleh sebab itu, masih banyak barang yang diimpor dari luar negeri.

Read More

Pertumbuhan daya beli masyarakat yang tinggi serta pemikiran bahwa barang dari luar negeri jauh lebih baik kualitasnya membuat masyarakat Indonesia lebih suka membeli barang impor. Apalagi sekarang ini pemesanan, pembayaran, dan pengiriman tidak sulit dilakukan bahkan jika memesan dari luar negeri.

Komoditi yang Diimpor dari Luar Negeri

Tujuan impor adalah untuk memenuhi kebutuhan pelaku dagang. Berikut adalah beberapa komoditi yang diimpor Indonesia dari negara lain:

1. Komoditas Pangan

Beras, gula pasir, mentega, tepung terigu, bawang putih, minyak goreng, hingga garam menjadi barang-barang yang diimpor Indonesia dari luar negeri. Hal ini sangat miris, sebab wilayah Indonesia yang luas bisa untuk digunakan sebagai lahan bercocok tanam. Namun, nyatanya Indonesia masih mengimpor berbagai komoditas pangan dari negara seperti Vietnam, Argentina, Amerika Serikat, dan Malaysia.

2. Produk Sapi

Daging sapi menjadi komoditas impor yang tinggi di Indonesia. Terutama yang datang dari Australia. Sebenarnya, tujuan impor daging sapi ini sangat baik untuk menurunkan harga daging sapi lokal di pasaran. Sayangnya, masih kurang efektif.

Produk susu sapi dari Chile juga menjadi komoditas impor Indonesia. Di tahun 2017 Indonesia mengimpor susu sapi dengan jumlah sangat besar yaitu 71,3 ton.

3. Bahan Bakar Minyak

Walaupun Indonesia adalah penghasil minyak bumi, tapi masih harus mengimpor bahan bakar minyak dari luar negeri. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan bahan bakar minyak terus meningkat sementara produksi dalam negeri tidak dapat mencukupinya. Impor bahan bakar minyak ini turut membuat harga bahan bakar minyak fluktuatif.

4. Minyak Mentah

Minyak mentah merupakan bahan baku dari produk bahan bakar yang dikonsumsi masyarakat Indonesia seperti bensin, pertamax, pertalite, solar, dan lainnya. Karena kebutuhan yang tinggi Indonesia terpaksa mengimpor minyak mentah dari Asia.

5. Barang Elektronik

Pertumbuhan dunia digital sekarang ini semakin berkembang. Dengan begitu, jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia dan pengiriman dari berbagai negara lain ke Indonesia juga makin tinggi, sebab permintaan akan barang elektronik yang makin meningkat.

Ponsel, komputer, laptop, speaker, dan berbagai barang elektronik lainnya setiap hari dikirim dari luar negeri ke Indonesia. Produsen alat elektronik yang produknya banyak membanjiri Indonesia adalah dari Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang.

6. Produk Otomotif

Motor dan mobil merupakan produk otomotif yang paling banyak dicari. Oleh sebab itu, produsen otomotif seperti Jepang terus mengekspor produk-produknya ke Indonesia. Terutama sparepart untuk memenuhi kebutuhan pasar tanah air.

Itu dia beberapa produk atau komoditas yang Indonesia impor dari luar negeri. Karena semakin meningkatnya permintaan konsumen membuat jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia juga makin dicari.

Sumber:

  1. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/contoh-kegiatan-impor
  2. https://www.liputan6.com/bisnis/read/657271/daftar-28-bahan-pokok-yang-masih-diimpor-indonesia
  3. https://www.kompas.com/tren/read/2019/12/10/061000665/jokowi-singgung-soal-impor-berikut-10-barang-yang-masih-diimpor-oleh?page=all

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *