Rekomendasi Destinasi Wisata Ekologi Populer di Indonesia

Wisata belanja atau pun wisata kuliner tentu sudah menjadi hal yang biasa Anda lakukan di kala waktu luang. Namun, bagaimana dengan melakukan wisata ekologi? Tipe wisata ini mungkin belum terlalu familiar bagi Anda. Padahal Indonesia merupakan negara yang memiliki peluang cukup besar untuk menjadi destinasi ekowisata populer di dunia.

Mengenal Wisata Ekologi, Kegiatan Wisata yang Berwawasan Lingkungan

Wisata berbasis ekologi atau dikenal juga sebagai ekowisata merupakan kegiatan wisata yang tujuan utamanya adalah untuk ikut serta melestarikan alam. Jadi, tak hanya sekadar tempat melepas lelah saja, pengunjung pun bisa mendapatkan edukasi seputar destinasi ekowisata yang mereka kunjungi.

Masyarakat yang bermukim di sekitar destinasi wisata ini pun bisa ikut serta berpartisipasi dalam pengelolaan tempat tersebut. Alhasil, tak akan ada yang namanya kecemburuan sosial dan ekonomi, di mana keuntungan hanya bisa dinikmati oleh pengelola bisnis destinasi wisata saja. Risiko terjadinya kerusakan pada alam yang jadi destinasi wisata pun bisa dihilangkan sepenuhnya.

Rekomendasi Destinasi Ekowisata di Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Indonesia berpotensi besar menjadi pusat destinasi ekowisata populer di dunia. Hal ini disebabkan karena banyaknya tempat di Indonesia yang keindahan alamnya masih terjaga hingga sekarang. Jika penasaran, berikut 2 dari banyaknya destinasi ekowisata populer yang bisa Anda kunjungi di Indonesia.

1. Taman Nasional Komodo

Siapa sih yang gak tahu tentang Taman Nasional Komodo? Taman nasional yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur ini, merupakan tempat hidupnya satwa komodo, satwa endemik khas Indonesia. Selain komodo, hidup juga beragam flora dan fauna khas Indonesia di taman nasional ini. Ada tiga gugusan pulau yang bisa Anda nikmati keindahannya di sini, yaitu Komodo, Rinca, dan Padar.

2. Taman Nasional Tanjung Puting

Anda ingin menyaksikan secara langsung kehidupan orangutan di habitatnya? Maka Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah wajib untuk Anda kunjungi. Diperkirakan ada sekitar 40 ribu ekor orang utan di sini. Dengan menyewa boat, Anda bisa menelusuri sungai yang di kedua sisinya terdapat pepohonan, tempat orang utan dan para primate lain bergelantungan.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai wisata ekologi serta rekomendasi destinasi ekowisata populer di Indonesia. Dengan adanya destinasi ekowisata ini, kepedulian masyarakat akan kelestarian alam, serta flora dan fauna yang hidup di sana diharapkan bisa meningkat. Jika semuanya masyarakat aktif berpartisipasi, bukan tak mungkin wisata ekologi di Indonesia bisa mendunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.