Sudah Tahu Bahan Kain Terbaik Untuk Masker Kain? Cek Disini

  • Whatsapp

Masker n95 atau masker medis lainnya punya daya filtrasi partikel berukuran kecil (0.3 mikron) hingga 95%. Sedangkan masker bedah juga punya kemampuan filtrasi yang mencapai 80%. Lalu bagaimana dengan masker berbahan kain? Masker bahan kain akan butuh setidaknya 4 lapis kain agar bisa mencapai persentase tersebut. Tapi, bahan yang baik juga pengaruhi daya filtrasi masker kain. Bahan apa saja itu? Temukan pada ulasan berikut ini.

Berikut 5 bahan kain terbaik yang bisa Anda gunakan

Read More

1. Kain Katun Sarung bantal (100% katun) atau Quilt cotton

Menurut beberapa studi, dikatakan bahwa kain berbahan katun 100% seperti sarung bantal hanya bisa filter 22% partikel kecil. Terutama jika hanya dilipat sekali atau gunakan 1 lapisan saja. Jika Anda ingin pakai kain ini, setidaknya Anda perlu 4 lapisan agar bisa mencapai nilai 60% daya filtrasi. Dalam hal ini, pertimbangkan untuk gunakan quilt cotton atau kain selimut katun. Kain ini punya kerapatan yang lebih tinggi dan tebal, jadi hanya butuh 2 lapis saja.

2. Kain Campuran Katun Dan Polyester

Selain bahan katun 100% atau asli, Anda juga bisa gunakan bahan kain campuran katun dan polyster. Dalam hal tingkat penyaringan, kain ini bisa saring mikroorganisme hingga 70,24%. Jelas sekali persentase ini bisa dikatakan lebih baik dari pada masker kain dengan bahan katun. Namun perlu diperhatikan, pemakaian kain campuran ini bisa saja sebabkan kesulitan bernafas saat dikenakan karena punya kerapatan dan ketebalan yang lebih tinggi.

3. Kain Hibrida (Campuran Beberapa Bahan Kain)

Penelitian lebih lanjut telah dilakukan dan telah disimpulkan, bahwa kain ‘hibrida’ disebut sebagai kain dengan daya filtrasi terbaik melawan virus corona. Bahan hibrida seperti kapas – flanel, kapas – sifon, dan kapas – sutra ternyata punya daya filtrasi mencapai 80 persen. Tidak tanggung – tanggung, persentase ini berlaku untuk partikel kecil yang berukuran 300 nanometer. Sedangkan virus corona berdiameter antara 80 – 120 nano meter saja.

4. Kain Scuba Yang Populer Karena Murah Dan Kuat

Tidak bisa dipungkiri, alasan anjuran pakai masker bahan kain diberikan karena berkaitan dengan ekonomi. Hal ini berkaitan dengan harga dan cara produksi masker yang lebih mudah. Ternyata, masker kain scuba kian populer dikarenakan dijual dengan harga yang terjangkau. Bahkan bahan ini juga dikenal lebih kuat, cukup tebal dan punya kerapatan yang baik, meskipun bersifat lentur. Namun, sayangnya belum ada tes daya filtrasi kain ini.

Itulah beberapa bahan kain yang bisa dikreasikan menjadi masker. Bisa dikatakan bahan katun 100% atau kain semacam sarung bantal adalah pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan kemudahan produksi dan juga ketersediaan barang. Bahan 100% juga bisa ditemukan pada kain kaos. Anda juga bisa buat dari kain scuba, kain katun campuran, hibrida ataupun kain tebal lain. Yang terpenting, masker tidak akan ganggu pernafasan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *